Maiyah Alam dan Adam Maulal Muwahidin Ali as

ِDi malam kedua Lailatul Qadar 1439 H, malam syahadah Maulal Muwahidin, Qudwatul Arifin, Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib as, mari kita bersama-sama mengenal beliau sedikit lebih dari sebelumnya dengan memperhatikan sisi Maiyah Alam dan Adam beliau as.

Baik Al-Qur’an maupun Hadis menjelaskan bahwa manusia sempurna adalah khalifah Allah Swt di bumi dan merupakan sebab tujuan penciptaan. Hal itu karena alam dan adam sama-sama akan terjaga dalam naungan manusia sempurna. Imam Jakfar Shadiq as bersabda:

لو بقيت الارض بغير امام لساخت

“Kalau saja bumi tinggal tanpa imam, pasti lenyap.” (Syarh Ushul al-Kafi, Mulla Shadra, Bab Bumi Tidak Kosong dari Hujjat, hal. 465.)

Itu berarti kebutuhan masyarakat manusia kepada insan kamil bukan hanya untuk urusan keagamaan, bahkan seluruh alam semesta akan tegak dan terpelihara dengan keberadaannya.

Contoh nyata manusia sempurna setelah Yang Mulia Nabi Muhammad Saw adalah wujud suci Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib as. Beliau bersabda:

ما لله آية اکبر مني

“Tiada bagi Allah tanda lebih besar dariku.” (Bihar al-Anwar, jld. 23, hal. 206; Ushul al-Kafi, jld. 1, hal. 207)

Iya. Hal itu karena Amirul Mukminin Ali as ibarat diri dan jiwa Nabi Muhammad Saw; beliau menampilkan nama-nama dan sifat-sifat Allah Swt sebagaimana Rasulullah Saw. Karena itu, beliau umpama cermin yang terhampar di seluruh sistem keberadaan dan alam semesta seraya mencerminkan nama-nama dan sifat-sifat Allah Swt dengan sebaik-baiknya.

Salah satu nama Allah Swt adalah Qoyyum. Makna sederhananya adalah Yang Maha Berdiri Sendiri sedangkan segala sesuatu berdiri dengan-Nya. Amirul Mukminin Ali as adalah penampakan nama mulia Qoyyum. Beliau bermaiyah qoyyumiyah dengan alam dan adam (dunia dan manusia). Imam Khumaini ra mengatakan:

و بما علّمناك من البيان و آتيناك من التبيان يمكن لك فهم قول مولى الموحّدين‏ و قدوة العارفين، أمير المؤمنين، صلوات اللّه عليه و على آله أجمعين: كنت مع الأنبياء باطنا، و مع رسول اللّه ظاهرا. فإنّه، صلوات اللّه عليه، صاحب الولاية المطلقة الكلّيّة. و الولاية باطن الخلافة؛ و الولاية المطلقة الكلّيّة باطن الخلافة الكذائيّة؛ فهو (ع) بمقام ولايته الكلّيّة قائم على كلّ نفس بما كسبت، و مع كلّ الأشياء، معيّة قيّوميّة ظلّيّة إلهيّة، ظلّ المعيّة القيّوميّة الحقّة الإلهيّة؛ إلّا أنّ الولاية لمّا كانت في الأنبياء (ع) أكثر، خصّهم بالذكر

“Dari apa yang telah kami ajarkan kepadamu berupa bayan dan bawakan untukmu berupa tibyan, kamu dapat memahami sabda tuan para pengesa, teladan para arif, dan pemimpin para mukmin – shalawat Allah atas beliau dan keluarga beliau seluruhnya -:

كنت مع الأنبياء باطنا، و مع رسول اللّه ظاهرا

“Aku bersama para nabi secara batin, dan bersama Rasulullah Saw secara lahir.”

Sungguh beliau Saw adalah empunya wilayah mutlak universal. Dan wilayah adalah batin khilafah; dan wilayah mutlak universal merupakan batin khilafah yang demikian. Karena itu, beliau as dalam kedudukan wilayah universal berdiri atas segala jiwa dengan segenap raihannya dan bersama segala sesuatu dengan maiyah (kebersamaan) qoyyumiyah (yang berdiri sendiri dan segala sesuatu berdiri dengannya), dzilliyah (yang bersifat bayangan), dan Ilahiyah (yang bersifat ketuhanan); bayangan maiyah qoyyumiyah yang Haq dan Ilahi. Hanya saja, mengingat bahwa wilayah lebih banyak terdapat pada nabi-nabi as, maka beliau menyebutkan mereka secara khusus.” (Mishbah al-Hidayah, nash, hal. 84). (WF)