Pesan Tahun Baru Imam Khumaini

Pemimpin Revolusi Islam Ayatullah Uzma Imam Sayid Ruhullah Khumaini ra, Sabtu (1 Farwardin 1361 Hs/ 21 Maret 1982 M), menyampaikan pesan tahun barunya melalui radion dan televisi sebagai berikut:

Bismillahirrohmanirrohim

Insyaallah hari raya bahagia ini, dan hari tahun baru ini penuh berkah dan kebahagiaan bagi seluruh Muslimin dan bangsa mulia Iran, bagi saudara-saudara laki dan perempuan. Mudah-mudahan hari raya ini diberkati bagi seluruh orang yang pada tahun ini menggunakan semua kemampuannya demi kemajuan Islam. Semoga doa yang dibacakan pada awal tahun dan pada saat perpindahan tahun:

يا مقلّب القلوب و الابصار، يا مدبّر اللّيل و النّهار، يا محوّل الحول و الاحوال، حوّل حالنا الي احسن الحال

terealisasi bagi bangsa kita pada tahun itu, dan terealisasi lebih tinggi lagi pada tahun ini.

Semua hati dan seluruh penglihatan serta bashirah ada di tangan Allah Swt dan Tangan Kekuasaan-Nya. Dialah yang menadbirkan dunia, siang dan malam. Dialah yang membolak-balikkan hati dan menerangkan bashirah. Dialah yang mengubah keadaan manusia. Dan kita melihat hal itu pada bangsa tercinta kita; laki dan perempuan, kecil dan besar.

Alhamdulillah sampai batas yang lumayan kasat mata di bangsa kita telah terjadi pembolak-balikan hati dari angan-angan duniawi, terputus dari hal-hal yang ada di alam dan bersambung kepada Yang Maha Haq Swt, bashirah menjadi terang sehingga –mereka- memahami kebaikan dan kerusukan dirinya dengan sarana itu. Saya berharap pada tahun baru ini akan sampai kepada tingkat yang paling tinggi. Kalbu-kalbu yang sebelum Revolusi [Islam] tertuju kepada dunia, tertuju kepada angan-angan duniawi, kurang perhatian kepada [alam] gaib, dan jarang terjadi penampilan gaib padanya, sekarang kita lihat penampilan-penampilan [gaib] itu terjadi, cinta dan kerinduan untuk bertemu Allah Swt telah terjadi padanya, dan tangan karunia Allah Swt mengusap kepala bangsa ini, serta menguatkan iman mereka. Ini merupakan salah satu tanda kemunculan Baqiyatullah –arwahuna fidahu-.

Bukan tanpa motivasi di sebuah bangsa yang selama masa kerajaan dan kezaliman, dan selama lima puluh tahun hitam, berubah menjadi kalbu yang terangnya lebih daripada matahari dan bashirah yang cahayanya menerangi alam mulk dan malakut, serta perubahan laksana mukjizat yang terealisasi di semua lapisan bangsa.

Semoga hari baru ini dan tahun baru ini diberkati bagi semua orang yang kekuatan iman mereka telah tumbuh-kembang. Mudah-mudahan sampai kepada puncak pertumbuhannya. Di antara mereka, pengorbanan nyawa dengan berani dan tekad bulat adalah sesuatu yang baru terealisasi. Di antara bangsa ini, pengutamaan orang lain atas diri sendiri telah sampai batas dewasa. Dan insyaallah di masa akan datang pun demikian. Saya berharap tahun ini seperti tahun sebelumnya dan seperti setiap saat menjadi tahun yang diberkati, dan seluruh organ pemerintahan juga bertindak sesuai undang-undang Islam, serta menyingkirkan satu persatu masalah dengan kekuatan iman dan dukungan rakyat.

Kita, walau pun punya banyak masalah, tapi di hadapan masalah itu kita punya sumber daya manusia yang menakjubkan dan kekuataan Ilahi yang mendukungnya. Kita adalah orang-orang yang meyakini Allah Swt sebagai pelindung dirinya, tujuan kita dan tujuan bangsa kita adalah kebebasan dari cengkraman musuh-musuh Islam. Target dan maksud kita adalah kemerdekaan negara Islam, sekiranya tidak ada satu pun kekuatan di dunia ini yang bisa mencederainya. Kita melanjutkan kebangkitan ini demi Allah Swt, dan Alhamdulillah bangsa kita membawa maju Revolusi [Islam] ini dengan pertumbuhan iman dan kekuatan Ilahi. Saya berharap pada tahun yang akan datang ini kalian dapat memegang kendali semua urusan dengan lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya, kalian dapat menempuh jalan demi Allah Swt secara lebih baik, kalian menjalani Jalan Lurus Kemanusiaan lebih banyak, dan kita sampai kepada maksud; yaitu sampai pada kedudukan yang telah dijanjikan oleh Allah Swt bagi orang-orang mukmin dan bari orang-orang yang arif pada-Nya. Dan tangan semua kekuatan insyaallah semakin pendek dan lebih pendek lagi dari negara ini.

Kita Alhamdulillah telah sampai pada kedudukan di mana dengan kondisi negara yang ada, dengan kondisi anak-anak muda yang ada, dengan komitmen yang dimiliki wanita-wanita kita, dengan komitmen yang dimiliki oleh semua orang di negara kita, kita insyaallah tidak akan lemah di hadapan masalah apa pun.

Alhamdulillah sampai saat ini pun setiap tahun lebih baik dari tahun yang sebelumnya dan semakin lebih baik. Saya berharap Revolusi [Islam] ini menjadi sebuah revolusi global dan pengantar untuk kemunculan Yang Mulia Baqiyatullah –arwahuna lahul bida’-.

Saya ucapkan selamat kepada semua orang mukmin, kepada semua orang tertindas di dunia, kepada semua orang Muslim dunia, dan saya berharap Muslimin seluruhnya melangkah di jalan Islam dengan kuat dan membela Islam sehingga insyaallah musuh-musuh Islam; orang-orang yang tidak bisa melihat Islam, menjadi terkurung dan terisolasi.

Wassalamualaikum Wr. Wb. (Shohifehye Emom, jld. 16, hal. 126-131). (WF)

Hits: 85

Headline, Imam Khumaini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat