Pesan Tahun Baru 1397 HS Imam Khamenei

Wali Faqih Zaman Ayatullah Uzma Imam Sayid Ali Khamenei, Selasa (20/3/18) malam, dalam pesan awal tahun baru 1397 Hs menamainya dengan tahun “Dukungan terhadap Produk Iran”.

Pesan lisan lengkap beliau sebagai berikut:

بسم‌الله‌الرّحمن‌الرّحيم
يا مقلّب القلوب و الابصار، يا مدبّر اللّيل و النّهار، يا محوّل الحول و الاحوال، حوّل حالنا الي احسن الحال. اللّهُمَّ اهدِنا هُدَي المُهتَدين وَارزُقنَا اجتِهادَ المُجتَهِدين

(Dengan Nama Allah Maha Pengasih Maha Penyayang. Wahai Pembolak-balik Hati Dan Penglihatan, wahai Pengatur Malam dan Siang, wahai Pengubah Tahun/Daya dan Keadaan, ubahlah keadaan kami jadi sebaik-baik keadaan. Ya Allah! Hidayahilah kami hidayah orang-orang yang terhidayahi, dan karuniailah kami kesungguhan orang-orang yang sungguh-sungguh.)

Saya ucapkan selamat kepada semua warga setanah air yang terhormat di seluruh penjuru negeri dan dunia, begitu pula kepada seluruh bangsa yang memperingati Hari Raya Nuruz. Terutama saya ucapkan selamat kepada keluarga tercinta Syuhada dan veteran tercinta serta keluarga mereka. Dan terutama saya ucapkan selamat kepada anak-anak muda dan remaja negara yang menciptakan harapan dan pelopor gerakan nasional negara. Mudah-mudahan mereka mempunyai Hari Nuruz yang menyenangkan dan manis serta tahun yang berlimpah kebaikan dan berkah.

Tahun ini, musim semi natural bersamaan dengan musim semi spiritual. Artinya, bulan Farwardin, Urdibehesyt, dan Khurdad bersamaan dengan bulan Rajab, Syakban, dan Ramadan. Mudah-mudahan dan insyaallah pertumbuhan natural serta pertumbuhan spiritual, dua-duanya kita miliki tahun ini untuk negara dan bangsa kita. Harapan ini bertunas di hati, insyaallah tumbuh-tumbuhan spiritual dan tumbuh-tumbuhan material menjadi tabungan bagi bangsa ini, negara ini, dan bagi masa depan.

Saya ucapkan salam kepada Yang Mulia Hadirat Baqiyatullah –arwahuna fidahu- dan kita kenang serta ucapkan salam kepada ruh suci imam besar kita [Imam Khumaini].

Saya ingin menyampaikan satu hal tentang tahun 1396 dan satu hal tentang tahun 1397. Tahun 96 seperti semua tahun yang lain adalah himpunan pasang-surut dan manis-pahit. Seperti semua masa kehidupan. Manisnya tahun 96 adalah munculnya keagungan dan kekuatan bangsa serta kehadiran nasional, sejak awal tahun sampai akhir. Pada awal tahun, kehadiran masyarakat yang agung dan menakjubkan di dalam pemilu presiden dan dewan. Lebih dari empat puluh juta orang dari warga negara berpartisipasi di dalam pemilu. Partisipasi ini sangat bermakna dan bagus. Setelah itu juga mereka hadir di dalam demonstrasi Hari Quds pada bulan Ramadan, dan di akhir tahun mereka hadir dalam demonstrasi 9 Dey, dan lebih utama daripada itu semua pawai spektakuler 22 Bahman. Tentunya, di 9 Dey dan menanggapi kerusuhan-kerusuhan yang terjadi, berapa hari berturut-turut dan di berbagai kota, masyarakat secara spontan berunjuk rasa. Dimana semua itu menunjukkan kehadiran Bangsa Iran yang besar, berbashirah, tangkas, dan siap kerja di semua medan yang diperlukan kehadiran mereka.

Poin penting dan manis lain pada tahun 96 adalah Republik Islam mampu mengubah ancaman kawasan menjadi kesempatan; ancaman yang minimal salah satu tujuannya adalah mencederai Republik Islam. Ancaman-anaman ini bukan saja gagal mencederai negara, bahkan berubah menjadi kesempatan. Orang-orang yang tahu tentang isu-isu internasional pasti memahami hal ini secara baik dan benar.

Poin positif lainnya adalah usaha untuk menghidupkan dan menggunakan syiar tahun ini (96); yaitu tahun Produksi Nasional dan Lapangan Kerja di bawah tema Ekonomi Muqawama. Ada beberapa hal bagus yang telah dilakukan untuk masalah lapangan kerja dan produksi nasional, namun masih banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan. Syiar ini sampai batas tertentu telah terlaksana di negara. Tapi, pekerjaan ini harus dilanjutkan secara sempurna sehingga insyaallah syiar ini betul-betul terlaksana.

Ada pula hal-hal yang pahit dalam tahun 96. Peristiwa gempa bumi, banjir, pesawat, kapal, dimana sebagian nyawa orang-orang tercinta kita melayang dalam peristiwa ini, dan merupakan peristiwa yang pahit bagi kita. Selain itu, kekeringan di sejumlah daerah yang masih berlanjut, dan mudah-mudahan karunia Ilahi di musim semi akan menutupinya. Sebagian masalah matapencaharian bagi berbagai lapisan masyarakat masih berlanjut dari dulu. Harus diupayakan. Semua harus berusaha. Saya akan mengisyaratkan sesuatu agar insyaallah masalah-masalah ini tertanggulangi. Iya, di bulan-bulan terakhir tahun 96, terjadi kerusuhan di negeri ini sesuai rencana musuh-musuh Bangsa Iran; rakyat sendiri yang turun ke jalan, bahkan orang-orang yang rencananya kerusuhan ini dilakukan atas nama mereka ternyata mereka sendiri yang turun ke jalan melawan para perusuh. Iya, itu peristiwa. Dan dalam peristiwa itu keagungan Bangsa Iran tampak jelas.

Adapun mengenai tahun 97 yang mulai saat ini, yang penting adalah semua harus bekerja keras. Biasanya, dalam syiar-syiar tahunan saya menujukannya kepada pejabat-pejabat negara. Sedangkan tahun ini, yang saya tuju adalah semua orang bangsa ini, termasuk di antaranya pejabat-pejabat negara. Sebagai pendahuluan saya katakan bahwa masalah ekonomi, budaya, dan masalah-masalah yang lain, semuanya ada. Tapi, masalah kita yang utama tahun ini adalah masalah ekonomi dan matapencaharian rakyat. Semua harus berusaha. Semua harus bekerja. Dan porosnya adalah produksi nasional. Karena itu, apabila produksi nasional mengalami percepatan maka banyak sekali masalah yang akan tertanggulangi. Saya menjadikannya sebagai poros bagi syiar tahun ini. Syiar tahun ini adalah “Dukungan terhadap Produk Iran”; tahun “Dukungan terhadap Produk Iran”. Hal ini tidak hanya berhubungan dengan pejabat-pejabat negara. Masing-masing orang dari bangsa ini bisa membantu dalam hal ini dan betul-betul terjun dalam kancah ini. Dukungan ini punya berbagai dimensi dari lima sampai enam sisi. Insyaallah saya akan menguraikannya dalam pidato [tahun baru nanti]. Saya juga insyaallah akan menjelaskan apa yang bisa dilakukan oleh berbagai lapisan masyarakat dan pejabat negara.

Mudah-mudahan dan insyaallah Allah Swt membantu, baik para pejabat negara maupun rakyat, agar mereka dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, dan pada tahun ini betul-betul bisa merealisasikan syiar “Dukungan terhadap Produk Iran”.

Wassalamualaikum Wr. Wb. (WF)

Hits: 36

Berita, Headline, Imam Khamenei

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat