Garis Hizbullah: Kita Tidak Berhak Menuduh Orang Hanya Karena Prasangka

Wali Faqih Zaman Ayatullah Uzma Imam Sayid Ali Khamenei, Rabu (10/9/11), berbicara tentang pentingnya menjaga kehormatan orang lain seraya berkata:

“Salah seorang teman mengisyaratkan bahwa Amirul Mukminin Ali as di dalam perintahnya kepada Malik mengatakan hendaknya engkau membongkar para penyalahguna. Sedangkan Anda mengatakan jangan kalian bongkar.

Amirul Mukminin as tidak bersabda hendaknya engkau bongkar kasus yang belum terbukti. Tidak pernah ada hal seperti ini di dalam sabda Amirul Mukminin as. Dan sudah barang tentu ini tidak termasuk ajaran Islam … kita sama sekali tidak punya bukti untuk mengatakan hal tersebut.

Bahkan, dalam pertemuan dimana mereka mengisyaratkan masalah ini saya katakan sesuatu yang lebih tinggi daripada ini. Saya katakan bahkan mengenai kejahatan yang terbukti, prinsipnya awalnya adalah hendaknya kejahatan itu tidak diungkapkan. Pada akhirnya ada seorang kriminal, dia telah melakukan kejahatan, dan dijatuhi hukuman. Namun, keluarga dia, anak-anak dia, bapak dan ibu dia, apa dosa mereka?! Kenapa kita tanpa alasan membongkar hal-hal itu?

Lain halnya apabila di dalam pembongkaran itu sendiri terdapat maslahat yang besar. Iya memang, adakalanya sebuah pembongkaran terhadap sebuah kasus yang telah terbukti mempunyai maslahat. Ketika itu maka tidak apa-apa.

Inilah logika kita. Tidak ada sesuatu baik dari Amirul Mukminin as maupun dari salah seorang Imam as pun yang bertentangan dengan –logika- ini.

Kita betul-betul tidak berhak menuduh orang hanya karena prasangka, kita populerkan. Betul-betul itu tidak diperbolehkan. Baik di situs, maupun di surat kabar, atau di tribun-tribun yang lain. Kehormatan orang harus dijaga.” (WF)

Hits: 38

Berita, Headline, Imam Khamenei

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat