Lima Bulan Sebelum Kemenangan Revolusi Islam (12)

Inisiatif Yang Menyebar di Iran

Pada tanggal 15 Muharram, Imam Khumaini ra mengeluarkan pesan yang di dalamnya beliau menekankan agar unjuk rasa dilanjutkan dan perjuangan dibawa ke tahap yang berikutnya.

Beliau mengatakan, “Saya imbau kepada tentara di seluruh penjuru negeri untuk lari meninggalkan markas mereka. Ini merupakan tugas syari bahwa tidak boleh seseorang bekerja untuk orang zalim. Saya imbau kepada bapak-bapak dan ibu-ibu serta keluarga para pejabat untuk mencegah mereka dari bantuan terhadap Syah pengkhianat dan kepatuhan terhadap pejabat-pejabat setia Syah serta pihak-pihak asing. Saya imbau kepada orang-orang berpangkat untuk bergabung dengan rakyat dan meraih kebanggaan khidmat kepada Muslimin.”

Pada saat yang sama, menyebar isu di kota bahwa tentara yang lari dan bergabung dengan rakyat akan ditangkap oleh agen-agen rahasia.

Ketika itu juga Ayatullah Khamenei di dalam salah satu pidatonya di Masjid Gauhar Syad mengimbau anak-anak muda untuk mencukur cepak rambut mereka seperti tentara agar tentara yang lari tidak teridentifikasi.

Saran ini disambut oleh Ayatullah Behesyti dan dia mengimbau agar saran ini diterapkan juga di kota-kota lain. (WF)

Hits: 21

Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat