Lima Bulan Sebelum Kemenangan Revolusi Islam (11)

Pembacaan Khutbah Malam Asyura di Haram Imam Ridha As

“Pembacaan Khutbah” adalah acara seremonial kenegaraan yang setiap tahun diselenggarakan dua kali: pertama di Malam Asyura, dan yang kedua di malam kesyahidan Imam Ali Ridha as.

Di acara yang dihadiri juga oleh pejabat-pejabat negara tingkat provinsi ini, pembaca khutbah berdiri dan dengan menyebut nama Syah serta rezim kerajaan dia mulai membacakannya.

Tahun itu juga seperti tahun-tahun sebelumnya, gubernur dan takmir Haram Imam Ridha as mengundang pejabat-pejabat provinsi untuk menghadiri acara.

Ketika itu, Ayatullah Khamenei secara khusus dan terbatas pada rekan-rekan dekat mengusulkan “Pembacaan Khutbah” dengan menyebut nama Imam Khumaini ra.

Beliau mengatakan, “Sebelum pawai, sebuah ide muncul di benak saya. Saya sampaikan ide itu kepada beberapa saudara. Saya katakan dan sarankan jika kalian setuju maka simpan dulu rencana ini sampai pada waktunya … saya berpikir bahwa khutbah seperti ini apabila dibacakan dengan menyebut nama Syah maka tidak sesuai dengan suasana Revolusi [Islam] di kota Masyhad. Saya harus merebut kendali urusan ini dan menjaga rencana agar tetap rahasia. Sebab, kalau sampai terungkap maka pintu Haram Imam Ridha as akan mereka tutup kepada kita.” (WF)

Hits: 27

Headline, Imam Khamenei

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat