Lima Bulan Sebelum Kemenangan Revolusi Islam (7)

Anggaran Dasar Partai Republik

Musim panas tahun 1356 Hs (1977 M), pertemuan pertama mengenai pembentukan sebuah organisasi yang solid berlangsung di kota Masyhad. Organisasi yang –diharapkan- secara bersamaan dapat mengumpulkan tahap intelektual-ideologis perjuangan dan revolusi serta gelombang cendikiawan religius seperti Syahid Muthahhari dan Syahid Behesyti dengan tahap politik dan operasional perjuangan.

Ayatullah Khamenei, Ayatullah Rabbani Amlasyi, Ayatullah Muwahedi Kermani, dan Hujjatul Islam Hujjati Kermani adalah orang-orang yang bertama berkumpul, ditambah dengan Syahid Bahunar dan Syahid Behesyti. Para pencetus awal teori pembentukan partai.

Ayatullah Behesyti sangat mendukung dan daripada hal-hal teoritis mengenai –hal-hal seperti- dari mana kita harus memulai dan kemana kita tidak boleh masuk, dia menyarankan untuk lebih dulu menentukan secara spesifik siapa saja yang patut ada, karena toh pekerjaannya sudah jelas apa. Siapa saja orang yang bisa kita jadikan sebagai mitra kerjasama pada level Iran?

Dia mengatakan, “Saya sarankan pilih dan terimalah sebagai anggota orang yang semua percaya bahwa dia adalah orang yang komitmen terhadap akhlak dan karakter-karakter Islami, tidak egois, dan lebur dalam perkumpulan.”

Kata-katanya ini sangat membuka jalan bagi kita. Saya ambil pena dan kerta, satu-satu kita hitung dan catat nama.

Dia mengatakan bahwa kita mulai dari perkumpulan kita ini, enam orang yang sedang duduk di sini, apakah kita semua mempercayai satu sama yang lain sebagai orang dengan syarat-syarat tersebut atau tidak?

Nama dia, kemudian nama saya, nama rekan-rekan, satu-satu kita tulis. Kita juga menulis nama sebagian orang yang rencananya akan kita ajak untuk kerjasama. Dengan demikian, mulailah pembentukan ini. (WF)

Hits: 24

Headline, Imam Khamenei

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat