Pelajaran Singkat Akhlak Imam Khamenei 9: Minta kepada Allah Swt

Di antara nasihat Nabi Muhammad Saw (Teks Hadis):

الحوائجُ الی اللّه وأسبابها فَاطْلُبوها الی اللّه بهم فمن أعطاکموها فخذوها عن اللّه بصبر

Makna Hadis:

Semua kebutuhan tertuju kepada Allah dan sebab-sebabnya, maka mintalah kebutuhan-kebutuhan itu kepada Allah dengan –perantara- mereka (sebab-sebab itu). Lalu, siapa saja yang memberimu kebutuhan itu maka ambillah pemberian itu dari Allah dengan kesabaran. (Tuhaf al-‘Uqul, hal. 48)

Syarah Hadis:

Di dalam hadis ini, peran faktor dan sebab-sebab natural bagi kebutuhan-kebutuhan manusia mendapat perhatian yang cukup besar.

Kata “bihim” yang menggunakan kata ganti jamak makhluk berakal mengisyaratkan bahwa banyak sekali kebutuhan kita yang terpenuhi melalui orang lain. Tapi walau pun ketika seseorang mendapatkan apa yang dia butuhkan melalui faktor-faktor natural –yang mayoritasnya adalah manusia-, tetap saja dia harus melihat di balik mereka semua ada Allah Swt dan sadar bahwa kebutuhan itu dia peroleh dari-Nya.

Pergi menuju sebab-sebab tanpa memperhatikan Allah Swt adalah perbuatan yang cacat. Pergi kehadirat Allah Swt dengan mengabaikan sebab-sebab yang ditetapkan oleh-Nya juga perbuatan yang cacat. Kedua-duanya harus digabungkan. Dan hendaknya seseorang bersabar untuk mendapatkan apa yang dia butuhkan. (WF)

Hits: 39

Imam Khamenei

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat