Harga Zakat Fitrah Tahun 1438 H

Kantor resmi Wali Faqih Zaman Ayatullah Uzma Imam Sayid Ali Khamenei mengumumkan harga zakat fitrah tahun 1438 H (1396 Hs / 2017 M) minimal 7000 Tuman (sekitar Rp 24,000).

Zakat Fitrah adalah tiga kilo gram makanan pokok setiap orang muslim; seperti gandum, beras, atau makanan pokok lainnya. Menurut penghitungan yang terakhir dilakukan (baca: di Iran), harga Zakat Fitrah perorang dengan hitungan 3 kg gandum adalah 7000 Tuman (sekitar 24,000).

Setiap orang yang makanan pokoknya gandum cukup membayar seharga itu. Tapi orang-orang bisa juga membayar Zakat Fitrah dengan hitungan beras yang biasa dikonsumsinya; masing-masing membayar seharga 3 kg beras.
Ala kulli hal, cukup bagi setiap orang untuk membayar Zakat Fitrah sebesar 7000 Tuman (sekitar Rp 24,000).

Harga Zakat Fitrah dan Kafarah Tahun 1438 H
1 Minimal Zakat Fitrah Perorang 7000 Tuman (Sekitar Rp 24,000)
2 Kafarah satu hari kada puasa karena uzur 2000 Tuman (Sekitar Rp 7000)
3 Kafarah satu hari kada puasa karena sengaja (memberi makan 60 orang fakir) 120,000 Tuman (Sekitar Rp 450,000)

Waktu pembayaran Zakat Fitrah adalah sejak terbenamnya matahari hari terakhir Bulan Suci Ramadan sampai zuhur Hari Raya Idul Fitri. Bagi orang yang ikut menunaikan Shalat Idul Fitri, sebaiknya pembayaran zakat itu atau penyisihannya dari hartanya yang lain dilakukan sebelum Shalat Idul Fitri.

Pun demikian, berdasarkan istifta kepada yang mulia Ayatullah Uzma Imam Sayid Ali Khamenei, untuk pembayaran online boleh-boleh saja mentransfer harga Zakat Fitrah itu sebelum masuk Bulan Syawal. Uang itu diterima sebagai amanat untuk Zakat Fitrah pada waktunya.

Bagi orang-orang yang mengenal orang fakir dan percaya bahwa dia betul-betul butuh, boleh untuk membayarkan Zakat Fitrahnya kepada dia.

Tentunya, orang-orang itu harus membayarkan makanan pokok atau uang seharga makanan pokok itu kepada orang fakir tersebut. Tidak sah pembayaran zakatnya apabila dengan memberikan selain makanan pokok atau harganya, seperti sandang atau perabot rumah.

Di samping itu, orang-orang yang bukan sayid tidak boleh membayarkan zakatnya kepada sayid yang faqir. Karena itu, orang yang bukan sayid, meskipun istrinya sayid, tidak boleh membayarkan zakatnya kepada sayid yang faqir. Karena, tolok ukurnya adalah orang yang membayar zakat. Begitu pula, orang yang menerima zakat; apabila seseorang itu sayid dan faqir, maka dia tidak boleh menerima Zakat Fitrah dari orang yang bukan sayid.

Selain itu, harga kafarah satu hari kada puasa yang batal karena uzur syari adalah 2000 Tuman (sekitar Rp 7000). Sedangkan kafarah satu hari kada yang batal karena pelanggaran sengaja adalah 120,000 Tuman (sekitar Rp 450,000). (WF)

Hits: 46

Fatwa, Imam Khamenei

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat