Imam Khamenei: Alat Media Modern Dua Peluang Satu Risiko

Wali Faqih Zaman Ayatullah Uzma Imam Sayid Ali Khamenei, Senin (22/5), dalam pertemuan dengan sejumlah direktur dan dosen Yayasan Imam Shadiq as,  mengapresiasi usaha berharga Ayatullah Uzma Jakfar Subhani dalam menghidupkan Ilmu Kalam Islami dan menekankan pentingnya perhatian terhadap Ilmu Kalam pada tingkat publik serta urgensi jawaban atas kerancuan yang tersebar luas di ruang publik melalui alat media modern.

Beliau mengatakan, “Sekarang ini kalian lihat setiap orang yang katakan punya tablet di tangan, dengan mudah sekali dihadapkan pada berbagai pemikiran dan pandangan yang menyimpang. Masing-masing sesuai kapasitasnya sendiri. Coba perhatikan duduk persoalannya melalui sudut pandang bahwa berapa besar peran yang bisa kalian mainkan? Menurut saya, alat-alat media modern merupakan peluang sekaligus risiko. Peluang dari dua sisi, dan risiko dari satu sisi. Risiko dari sisi bahwa boleh jadi pandangan dan kerancuan itu mempengaruhi pikiran anak-anak muda maupun yang lain dan menyimpangkan mereka. Ini sisi risikonya.”

Beliau melanjutkan, “Tapi alat-alat media modern ini merupakan peluang dari dua sisi: pertama-tama kita bisa tahu apa saja kerancuan yang ada. Salah satu kendala kerja kita ialah kita tidak mengenali kerancuan-kerancuan itu. Saya lihat banyak bapak-bapak terhormat yang berhubungan baik dengan mahasiswa, tapi mereka tidak mengetahui apa yang terlintas di benak dan hatinya. Berkat cyberspace dan media sosial yang besar ini kita bisa menyingkap apa saja yang sekarang mengemuka. Ini peluang yang tentu saja sangat berharga.”

Imam Khamenei menambahkan, “Peluang kedua adalah melalui jalur ini kita juga bisa menjawab kerancuan itu. Itulah kenapa disinyalir bahwa, “Setiap kesusahan disertai dua kemudahan”. Di sini, risiko ini membawa dua peluang bersama dirinya. Dan dua peluang ini harus dimanfaatkan secara maksimal.”

Beliau menegaskan, “Kita bukan saja tidak boleh mengurangi upaya di bidang Ilmu Kalam untuk kalangan khusus, bahkan juga harus memperhatikan kalangan masyarakat umum dan publik. Ini pekerjaan mendasar yang harus dilakukan sekarang.” (WF)

Hits: 55

Berita, Imam Khamenei

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat