Pengajian Akhlak 6: Tawadu Demi Allah Swt

Pengajian Hadis Akhlak Imam Khamenei

Di antara nasihat Nabi Muhammad Saw (Teks Hadis):

وجاءَهُ رجل بِلَبَن وعسل لِيشربُهُ، فقال صلي الله عليه وآله وسلّم: شرابان يکتَفي بأحدهما عن صاحبه لا أَشربُهُ ولا اُحرّمُه ولکنّي أتواضَعُ للّه، فانّه مَن تواضع للّه رفعهُ اللّه ومن تَکبّر وضعَهُ اللّه ومَنِ اقْتصد في معيشته رزقَهُ اللّه ومن بَذّر حرمهُ اللّه ومن أکثر ذِکْر اللّهِ آجرهُ اللّه. (تحف العقول، 46)

Makna Hadis:

Seorang lelaki datang membawa susu dan madu untuk diminum Nabi Muhammad Saw minum. Lalu beliau bersabda, “Dua minuman yang salah satunya saja sudah cukup bagi pemiliknya. Saya tidak meminumnya dan tidak mengharamkannya. Tapi saya bertawadu demi Allah. Karena sesungguhnya barangsiapa bertawadu demi Allah niscaya Allah mengangkatnya, dan barangsiapa yang bersombong maka Allah meletakkannya (baca: menurunkannya); barangsiapa yang berekonomis dalam mata pencaharian hidupnya niscaya Allah memberinya rezeki, dan barangsiapa yang menghambur-hamburkan maka Allah menahannya –dari rezeki-; dan barangsiapa yang memperbanyak ingatan kepada Allah niscaya Allah memberinya pahala.  (Tuhaf al-‘Uqul, hal. 46)

Syarah Hadis:

Mungkin sekali sebagian orang berpikiran bahwa ketika manusia suci (Nabi atau Imam) tidak menggunakan sebagian nikmat Allah Swt maka itu berarti pengharaman. Karena kemungkinan itu, Nabi Muhammad Saw menjelaskan bahwa saya pribadi tidak mengonsumsinya, tapi juga tidak mengharamkannya, karena memang tidak semua nikmat yang halal ingin saya gunakan untuk diri sendiri.

Yang dimaksud dengan pengangkatan di sini adalah pengangkatan spiritual. Walau pun bisa saja maksudnya juga pengangkatan lahiriah, tapi yang sudah pasti adalah pengangkatan ruhani dan maknawi. Artinya, apabila seseorang bertawadu demi Allah Swt, maka Allah Swt akan mengangkatnya secara ruhani dan budi pekerti serta meliputi dia dengan keramat-keramat-Nya.

Begitu pula halnya dengan penurunan. Yang pasti dari peletakan di sini adalah penurunan spiritual. Walau pun mungkin juga maksudnya adalah penurunan sosial dan status. (WF)

Hits: 73

Imam Khamenei

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat