Sekilas dari Sayid Ali tentang Imam Ali Sajjad as

Pemimpin Revolusi Islam Ayatullah Uzma Sayid Ali Khamenei, Jum’at 4 Syahriwar 1367 Hs dan Sabtu 28 Tir 1365 Hs (26 Agustus 1988 M dan 19 Juli 1986), menjelaskan, “Di dalam sabda-sabda Imam Ali Sajjad as terdapat perhatian khusus terhadap “Kaderisasi”. … Beliau berjerih-payah selama tiga puluh lima tahun sehingga sampai pada titik dimana ketika beliau gugur pada tahun 95 H, Imam Muhammad Baqir as berada di tengah komunitas besar Syiah dan pecinta Ahli Bait as. Ini salah satu berkah Imamah, jihad, dan jerih payah beliau. Beliau ciptakan kumpulan orang-orang beriman dan saleh yang mampu jadi penopang untuk pekerjaan-pekerjaan masa depan. Inilah kehidupan Imam Sajjad as.”

Di salah satu kuliah tingkat tingginya, Ayatullah Uzma Sayid Ali Khamenei memulai dengan sabda Imam Ali Zainul Abidin As-Sajjad as sebagai berikut:

Bismillahirrohmanirrohim

Wal hamdu lillahi Robbil Alamain

(Teks Hadis:)

حَدَّثَنا أَبُوحَمزَة الثُّمالِي عَن عَلِي بنِ الحسين عليه‌السلام: القولُ الحَسَنُ يثرِي المالَ و ينَمِّي الرّزقَ و ُينسِئُ في الأجل و يحَبِّبُ إلي الأهل

(Makna Hadis:)

Abu Hamzah Tsumali meriwayatkan dari Imam Sajjad as bersabda, “Tutur kata yang baik akan melimpahkan harta, mengembangkan rezeki, menunda ajal, dan membuat orang dicintai oleh keluarganya,

(Komentar:)

Ini semua dampak di dunia dari tutur-kata yang baik. Dan yang dimaksud dengan tutur-kata baik adalah kata-kata yang sesuai dengan tolok-ukur syariat, seperti nama Allah Swt, Nabi Saw, kiamat, dunia, hadis, dan kehidupan beragama serta bahagia. Di samping itu, kata-kata tersebut disampaikan dengan wajah yang menyenangkan. Kata-kata yang baik mesti dituturkan dengan wajah yang baik pula dan bahasa yang sopan. Itu tadi dampak-dampak tutur-kata yang baik di dunia.

Kemudian Imam Sajjad as melanjutkan hadisnya dengan bersabda:

(Lanjutan Teks Hadis:)

و ُيدخِلُ الجَنّة. (الامالي للشيخ الصدوق)

(Makna Hadis:)

serta memasukkannya kedalam surga. (Al-Amali, Syaikh Shaduq)

(Komentar:)

Ini dampak akhirat tutur-kata yang baik. (WF)

Hits: 62

Imam Khamenei

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat