Pengajian Akhlak 2: Transformasi Rupa Duniawi

Pengajian Hadis Akhlak Imam Khamenei

Teks Hadis

Di antara nasihat Nabi Muhammad Saw:

الدنيا دُوَل، فما کان لک أتاک علي ضعفک وما کان منها عليک لم تدفعه بقوّتک، ومن انقطع رجاءه مما فات استراح بدنه، ومن رضي بما قَسَمه اللّه قرّت عينه. (تحف العقول)

Makna Hadis

Dunia itu edaran. Maka apa yang untukmu akan sampai padamu, selemah apa pun dirimu. Dan apa yang terhadapmu takkan bisa kau tolak, sekuat apa pun dirimu. Dan barangsiapa putus harapan dari apa yang terlewat niscaya istirahat badannya. Barangsiapa yang rela terhadap pembagian Allah pasti berseri-seri matanya. (Tuhaful Uqul, hal. 40).

 

Syarah Hadis

Kata duwal (دول) jamak dari kata dawlah (دولة). Artinya, sesuatu yang beredar dari satu tangan ke tangan yang lain.

Adalah tabiat rupa duniawi, berubah dari satu ke yang lain. Jangan kira apa yang ada di tangan kita berupa harta, tahta, fasilitas, kesehatan dan keafiatan pasti lestari sampai mati. Sama sekali tidak demikian. Sangat mungkin diambil dari kita.

Yang dimaksud dengan dunia di dalam penggalan sabda beliau bahwa siapa pun yang putus harapan dari apa yang terlewat niscaya istirahat badannya (tenang) adalah dunia yang tercela. Yakni, sesuatu yang diinginkan manusia demi diri dan hawa nafsunya. Bukan hal-hal yang mulia, menjulang, dan kebaikan-kebaikan ukhrawi. Bukan pula sesuatu yang berkewajiban untuk memperolehnya. Juga bukan pembangunan dan pemakmuran alam. Bukan itu yang dimaksud.(WF)

Hits: 52

Imam Khamenei

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat