Ayatullah Makarim: Perangi Sponsor dan Akar Ideologi Terorisme

Ayatullah Uzma Syekh Nasir Makarim Syirazi saat bertemu dengan Zsolt Semjen, deputi perdana menteri Hungaria mengatakan, “Solusi mendasar bagi terorisme di dunia adalah memerangi akar ideologi dan sponsor fenomena buruk ini.”

Marjik Taklid Syiah ini sebagaimana dilaporkan IRIB, Senin (3/4) saat bertemu dengan Zsolt Semjen di kota Qom, selatan Tehran menjelaskan, “Hingga kini berbagai seminar dan pertemuan mengkaji upaya melawan ideologi Takfiri telah digelar di kota Qom dan berbagai negara Eropa. Termasuk Jerman. Dan jika Hungaria siap maka kongres menolak dan melawan gerakan Takfiri dapat diselenggarakan di negara ini.”

Amerika Serikat, kata beliau, mengklaim memerangi terorisme, tapi menyebut kelompok teroris Takfiri ISIS sebagai pemerintahan Islam, padahal bukan pemerintahan dan bukan Islam.

Marjik Taklid terkemuka Syiah ini menegaskan bahwa Islam agama kasih sayang dan cinta yang membela perdamaian dan anti terorisme. Beliau mengatakan, “ISIS ancaman besar bagi dunia. Dan perang melawan fenomena buruk ini membutuhkan kerjasama yang jujur dari seluruh negara.”

Beliau menekankan bahwa Iran berada di front terdepan dalam memerangi terorisme dan isu-isu politik yang mendorong maraknya Islamphobia di media Barat.

Pada kesempatan itu, Zsolt Semjen menilai hubungan Tehran-Budapest cukup baik dan meningkat. Dia juga menekankan pentingnya memerangi terorisme.

Wakil perdana menteri Hungaria ini juga menyatakan kesiapan negaranya menjadi tuan rumah konferensi internasional dialog antar agama.

Zsolt Semjen Sabtu (1/4) sore bersama rombongan tiba di Tehran untuk berunding dengan petinggi Republik Islam Iran. (WF/irib)

Hits: 50

Muqawama, Ulama & Marajik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat